Monday 11 May 2009

Harta Karun Kehidupan

Disadari atau tidak saudaraku, akan ditemui banyak sekali harta karun terpendam dalam diri kita. Harta karun itu adalah berbagai potensi yang ada didalam diri kita. Okey, sedikitserius nich.. Secara teori potensi dibagi menjadi tiga yaitu potensi akal, hati dan jiwa. kita bedah yang pertama ya..

1. Potensi Akal

Kedahsyatan potensi akal pikiran manusia tidak perlu diragukan lagi. Dengan akal ini manusia memiliki kemampuan untuk memahami bagaimana proses berpikir dan mengelola pikirannya. Manusia dapat mempelajari ilmu pengetahuan, mengungkap berbagai misteri kehidupan, menjelajahi ruang angkasa, mengarungi samudra luas tak berbatas dan dapat membaca bukti-bukti kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa di alam semesta ini. 

Memahami akal manusia, setidaknya ada dua makna pemahaman yakni berfungsi menjelaskan semua urusan, baik berkenaan dengan masalah duniawi maupun masalah kehidupan akhirat. Yang kedua berarti pandangan mata batin dan pengetahuan terhadap mana yang bermanfaat dan mana yang membahayakan baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhiratnya.

2. Potensi Hati

Hati atau bahasa arabnya qalbu yang memiliki peran paling penting dalam mengatur kehidupan manusia. Hati adalah rajanya yang mengatur dan mengendalikan potensi akal pikiran dan panca indra. Hati manusialah yang akan mengendalikan otak atau akal pikiran manusia untuk kemudian memprosesnya melalui panca indra, sehingga menghasilkan sesuai yang dikehendaki hati.

3. Potensi Jiwa

Berupa potensi kekuatan fisik dan bentuk tubuh yangfungsional, dengan susunan tulang dan otot yang dapat memungkinkan untuk melakukan gerakan yang berbeda-beda. Kekuatan potensi fisik ini menjadikan manusia mampu menghasilkan produktifitas yang tinggi dalam berkarier, dalam berbisnis dan dalam berbagai aktivitas kehidupan.

Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi diri kita untuk tidak menemukan harta karun terpendam dalam diri kita. Bahwa setiap diri kita akan memiliki harta karun masing-masing, yang saya fikir akan berbeda dengan kebanyakan orang di dunia ini.. I Believe it..

Semangat kehidupan..salam cerdas, hati ikhlas, kerja keras...



No comments: